Sunday, August 2, 2015

Komputer Itu... Yang Mana..

Tinggal di pinggiran kota besar Jakarta dan pernah aktif bekerja sebagai staf IT di beberapa perusahaan di kota terpengap dan terupdate di Indonesia ini, memang membuat saya hampir saja meyakini bahwa semua orang tau apa itu komputer.
Sampeyan tau ngga? Hehehe..

Jadi, memang agak sulit juga sih mempercayai, bahwa selevel manajer di sebuah instansi masih salah mengenali, yang mana unit komputer yang mana unit monitor.

Ga percaya ??
Terserah sampeyan hehe..
Jadi, mohon maaf, kepada siapapun saya bersikap netral.

Yang namanya komputer, secara umum bisa dibagi menjadi desktop pc atau tower pc, fisiknya berbentuk seperti ini:

Namun sesungguhnya unit komputer tersebut terdiri dari banyak bagian yang menyusun sebuah komputer utuh agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk tower pc kelengkapannya yaitu CPU, Monitor, Keyboard, Mouse, bisa dilengkapi dengan Speaker dan Printer dsb.

Sedangkan untuk desktop pc terdiri dari unit pc desktop (all in one--cpu dan monitor menyatu dalam 1 unit),keyboard,mouse, bisa dilengkapi dengan speaker dan printer dsb.


Benda yang disebut CPU pada tower pc merupakan unit yang terdiri dari beberapa komponen, contohnya yaitu mainboard/motherboard, cpu, ram, harddisk, vga, battery cmos, heatsink, dan lain sebagainya. 

Dan bagian luar CPU atau benda yang membungkus semua komponen komputer tersebut dinamakan casing komputer.

Dan yang disebut monitor, secara umum bentuknya seperti ini:


Hal ini saya rasa perlu saya share, karena ini terkait dengan pengetahuan dasar teknologi. Dimana komputer tidak bisa dipisahkan dengannya.

Tapi anda jangan tanya soal ekonomi dan sosial serta agama kepada orang tersebut. Bahkan soal penggunaan tablet iPad, presentasi dengan iPad, atau bahkan soal eksis di instagram, path, facebook dan twitter.. karena dia sangaaat update banget..hehe..

Inilah ironi perkembangan teknologi.

No comments:

Post a Comment